"YSEALI U-Camp di Gelar, Dosen Unidayan Wakili Sulawesi Tenggara."

"YSEALI U-Camp di Gelar, Dosen Unidayan Wakili Sulawesi Tenggara."

Berita
2017-12-14

Jum’at, 8 Desember 2017, sebuah giat nasional selesai dilaksanakan di Hotel Yello, Jakarta Pusat. Sebanyak 35 profesional muda dari berbagai daerah di Indonesia, Aceh sampai Papua, mengikuti U-Camp Leadership training yang dimulai sejak tanggal 5 Desember lalu. Yamin, yang juga merupakan dosen Pendidikan bahasa Inggris, FKIP Universitas Dayanu Ikhsanuddin (UNIDAYAN) terpilih mewakili Sulawesi Tenggara melalui seleksi aplikasi dan berkas. Kepada awak media, Yamin menyampaikan bahwa pelatihan ini memberikan dia banyak perspektif dan pendekatan baru untuk menjadi pemimpin yang nantinya akan ia bagi kepada para pemuda. Tidak hanya itu, metode experiential learning yang dipakai dalam pelatihan ini bisa diadaptasi dan diterapkan di daerah untuk menyiapkan pemimpin-pemimpin muda, khususnya para mahasiswa. Lebih lanjut, alumni the University of Arizona ini mengatakan bahwa pemimpin tidak selau identik dengan posisi, jabatan ataupun kekuasaan. Setiap orang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin, pada level, posisi dan pekerjaan mereka masing-masing. Secara prinsip, pemimpin mereka yang memiliki padangangan (visi) yang melewati batas-batas pekerjaan mereka dan selalu bijak dalam mengambil keputusan. “Jika menelisik struktur kata ‘pemimpin’ ini sendiri, di dalamnya terdapat kata ‘mimpi’ yang diartikan sebagai cita-cita besar, sedangkan akhiran ‘n’ dimaknai sebagai niat, nalar, naluri, dan nyali. Jadi pemimpin adalah orang-orang yang memiliki cita-cita besar baik untuk dirinya sendiri maupun organisasinya, dan punya niatan, nyali serta kreatifitas untuk mewujudkannya”, punngkasnya.

Sebagai informasi, pelatihan ini didasarkan pada prinsip dan praktik-praktik Teori U, yaitu teori kepemimpinan yang dikembangkan oleh professor senior MIT Sloan School yang telah banyak menginspirasi banyak pemimpin di seluruh dunia untuk menciptakan masa depan yang lebih adil dan berkelanjutan. Pelatihan ini di fasilitasi oleh United in Diversity (UID), sebuah organisasi non-profit berbasis di Jakarta yang di ketuai oleh Mari Elka Pangestu, bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika-Serikat untuk Indonesia. 


*YSEALI  = Young Southeast Asia Leadership Initiative, yaitu program penguatan kepemimpinan dan pengembangan jaringan para profesional muda Asia Tenggara.

Artikel Terkait
  • Kesepakatan Kerjasama James Cook…

    Kesepakatan Kerja Sama antara Universitas…

  • Peserta KKN-P Unidayan Diberi…

    Panitia KKN-P Angkatan XXXVI Tahun 2018…

  • KKN-P Ke 36 Unidayan, Rektor Himbau…

    Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan),…

  • Seminar Internasional Hadirkan…

    Seminar Internasional Hadirkan Pemateri…

  • Gelar Kuliah Umum, Unidayan Hadirkan…

    Gelar Kuliah Umum, Unidayan Hadirkan Pemateri…