PENERIMAAN DOSEN BARU ! Universitas Dayanu Ikhsanuddin membuka penerimaan dosen baru untuk jurusan S1 Teknik Pertambangan, S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Sipil dan S1 Akuntansi. Untuk pendaftaran dapat di lakukan di link berikut : www.pcdt.unidayan.ac.id

"Prodi Administrasi Negara dan Pendidikan Ekonomi Raih Akreditasi B"

"Prodi Administrasi Negara dan Pendidikan Ekonomi Raih Akreditasi B"

Berita
2017-11-30

Kamis 29 November 2017, Dua Prodi Besar Unidayan yakni Program Studi Administrasi Negara Untuk Jenjang S1 dan Pendidikan Ekonomi untuk Jenjang S1 berhasil meraih Akreditasi "B" dengan nomor SK Prodi Administrasi Negara 4242/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017 dan Pendidikan Eklonomi 4226/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017. Dimana status akreditasi tersebut berlaku hingga tahun 2022 mendatang. 

bertambahnya Prodi Administrasi dan Pendidikan ekonomi menjadi Akreditasi "B", berarti menambah jumlah prodi terakreditasi B di Unidayan menjadi 8 Prodi yang diantaranya adalah Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Ekonomi, Ilmu Administrasi Negara S1, Sosiologi, Ilmu Hukum, Pendidikan Sejarah dan Budidaya Perairan.

Mengenal Akreditasi

Akreditasi sendiri adalah salah satu bentuk penilaian terhadap mutu dan kelayakan sebuah institusi perguruan tinggi atau program studi, yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi.

Organisasi yang bertugas melakukan penilaian dan telah diakui oleh pemerintah RI sekarang adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sebenarnya, apa sih manfaat dari akreditasi program studi tersebut?

1. Memberikan jaminan bahwa program studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidak memenuhi standar.

2. Mendorong program studi/perguruan tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi.

3. Hasil akreditasi dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam transfer kredit, usulan bantuan dan alokasi dana, serta mendapat pengakuan dari badan atau instansi yang berkepentingan.

BAN- PT sendiri melakukan klasifikasi penilaian untuk semua kriteria tersebut berdasarkan 3 aspek, yaitu mutu (bobot 50%), efisiensi (25%), dan relevansi (25%). Penilaiannya mulai dari kualitas dosen/pengajar yang harusnya minimal S2. Bagaimana kelulusannya, manajemen pengelolaan kampus, fasilitas yang ada, kreativitas atau mutu mahasiswanya, hingga pengabdian terhadap masyarakat.

Nantinya, tiap institusi (Universitas) atau program studi (jurusan atau fakultas) akan diberi ranking A, B, C bahkan tak terakreditasi. Dari ranking itulah biasanya masyarakat akan menilai mana kampus yang bagus, standar dan sebaiknya tidak dipilih.

Artikel Terkait
  • YSEALI U-Camp di Gelar, Dosen…

    Jum’at, 8 Desember 2017, sebuah giat nasional…

  • BEM FKM Unidayan Gelar Seminar…

    Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas…

  • Yamin.Spd.,M.A Terpilih Sebagai…

    Yamin.S.Pd.,M.A Terpilih Sebagai Peserta…

  • Penandatangan MoU Bank Indonesia…

    Acara peresmian BI Corner Kuliah Umum dan…

  • LPPM Unidayan Gelar Seminar Hasil…

    LPPM Unidayan Gelar Seminar Hasil Penelitian…