Info ! Pengumuman Hasil Seleksi Mahasiswa Baru Gelombang 02 Tahun 2017/2018 dapat dilihat disini

"Dr. Rininta, Doktor Pertama Dosen FKM Unidayan"

Berita
2017-08-17

Selamat dan Sukses kepada Dr. Rininta Andriani, M.Kes yang telah meraih gelar akademik tertinggi di bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat pada Program Doktoral Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Ujian promosi diselenggarakan di Aula Gedung Pusat Kegiatan Penelitian (PKP) Unhas, Selasa (15/8/2017).

Dr. Rininta berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul "Safe MOTHERHOOD berbasis Komunitas dalam Upaya Pencegahan Kematian Ibu" di depan Promotor, Prof. Dr. dr. H. Muh. Syafar, MS dan Co promotor, Dr. Ridwan M.Thaha, M.Sc dan Dr. Suriah, SKM, M.Kes. Penguji eksternal dari Universitas Indonesia (UI), Dr. Drs. Tri Krianto dan Penguji internal, Prof. dr. Veni Hadju, M.Sc, Ph.D, Prof. Dr. dr. H. M. Tahir Abdullah, MSPH, dan Sukri Palutturi, SKM, M.Kes, M.Sc.PH, Ph.D.

Doktor pertama di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) ini mendapatkan predikat kelulusan sangat Memuaskan dengan IPK 3,95.

Dalam disertasinya, Dr. Rininta menguraikan kesimpulan hasil penelitiannya, yaitu: 1) Sebagian besar kematian ibu disebabkan oleh perdarahan dan keterlambatan pengambilan keputusan. Hal ini dilatarbelakangi oleh faktor sosial budaya. 2). Ada perbedaan pengetahuan, sikap dan praktik ibu hamil setelah intervensi terhadap faktor risiko kematian, tanda bahaya kehamilan, Perawatan kehamilan (ANC) dan perencanaan persalinan aman).3). Intervensi berbasis komunitas dengan pendekatan Model CLMDR (community_linked material Death Review) efektif merubah perilaku ibu hamil dalam pencegahan kematian ibu pada lokasi intervensi.

Turut hadir pada ujian promosi ini Ketua Satu Yayasan Pembina Unidayan, dr. LM. Izat Manarfa, M.Sc beserta istri, Rektor Unidayan, Ir. LM. Sjamsul Qamar, MT, Kepala Bappeda Buton Selatan, La Ode Al Muh. Sufi Hisanuddin beserta istri, Ketua Program Pascasarjana (S2) Antropologi Unhas, Dr. Tasrifin Tahara, M.Si, Ketua Program Studi Manajemen Unhas, Dr. Musran Munizu, Muliadi, S.Sos, M.Si beserta istri. Dari pihak keluaga, kedua orang tua, suami, Dr. La Ode Syaiful Islamy, M.Si dan beberapa orang mahasiswa perwakilan Ikatan Mahasiswa Kota Baubau (IMKB).

 

Penulis:

Dahmar, S.KM., M.Kes.

Wakil Dekan III FKM Unidayan

 

 

 

<!-- [if gte mso 9]> <w:LsdExc

Terkhir di Upload

Artikel terbaru dari Universitas Dayanu Iksanuddin Baubau